Kamis, 06 Oktober 2016

Lokomotif di Indonesia dari Masa ke Masa (Diesel Hidrolik)

Lokomotif

Untuk sistem penomoran lokomotif mulai tahun 2011 menggunakan kombinasi huruf,angka yang menunjukan tahun didinaskan dan nomor urut. Kombinasi huruf yang digunakan untuk menunjukkan susunan roda (saat ini ada C, D, BB, dan jenis CC), dan nomor tiga digit digunakan untuk menunjukkan kelas (2 untuk kelas dengan transmisi listrik dan 3 untuk kelas dengan transmisi hidraulik atau mekanik), yang dimulai dari 00. Dua angka di tengah menunjukan lokomotif ini didinaskan pada tahun berapa dan dua atau tiga angka di belakangnya menunjukkan jumlah individu, mulai dari 01
Misalnya:
  • D301 68 70: Lokomotif diesel hidraulik generasi kedua dengan susunan roda D (empat gandar) didinaskan pada tahun 1968 dengan nomor urut 70
  • CC203 01 05: Lokomotif diesel elektrik dengan susunan roda Co-Co generasi keempat didinaskan pada tahun 2001 dengan nomor urut 05

Lokomotif Diesel Hidrolik

    Berkas:ID diesel loco C 300-11 040829 003 tmii.JPG
  • C300 (Karl Marx V30C)
Lokomotif C 300 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik VEBLokomotivbau Karl Marx BabelsbergJermanLokomotif ini mulai dinas sejak 1957. Lokomotif ini dibeli oleh Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKA) sebanyak 20 unit. C 300 didesain untuk melangsir semua jenis kereta.


Hasil gambar untuk lokomotif c301
  • C301 (Nederlandse Constructiebedrijven Machinefabrik)









Berkas:D300.jpg
  • D300 (Krupp M350D)
Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 hp. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 50 km/jam. Lokomotif ini bergandar D', artinya lokomotif ini memiliki empat gandar penggerak.

    Berkas:ID diesel loco D 301-28 060618 7816 cn.jpg
  • D301 (Krupp M350D)
Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe kedua setelah D 300.Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 hp. D 301 biasa digunakan untuk melangsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Bergandar D', yang artinya memiliki empat gandar penggerak, lokomotif D 301 dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.

    Berkas:BB30001.jpg
  • BB300 (Kruup M700BB)
Lokomotif BB 300 adalah lokomotif diesel hidraulik pertama di Indonesia buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 hp. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam. Lokomotif ini bergandar B' B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.

    Berkas:ID diesel loco BB 301-31 050215 047 mn.jpg
  • BB301 (Krupp M1500BB)
Lokomotif BB301 adalah lokomotif diesel hidraulik milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) buatan pabrik Fried Krupp dan Krauss-Maffei,Jerman. Lokomotif ini pertama kali dipesan oleh KAI saat masih bernama Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA).



    Berkas:BB30204.jpeg
  • BB302 (Henschel DHG 600 BB)
Lokomotif BB 302 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik Henschel, JermanLokomotif ini dioperasikan sejak 1970, dengan daya 900 hp. Pada tahun 1998-2000 (bersamaan dengan BB 303) dilakukan rehabilitasi terhadap seluruh unit lokomotif ini hingga memiliki daya sekitar 1.200 hp serta memperpanjang masa pakai.

    Berkas:BB 303 76 01.jpeg
  • BB303 (Henschel DHG 1000 BB)
Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidraulik buatan pabrik HenschelJerman. BB 303 mulai beroperasi sejak 1973, kebanyakan lokomotif BB303 dialokasikan di Sumatera Utara dan Sumatera Barat.



Berkas:Probowangi with BB 304 23 R.JPG
  • BB304 (Krupp M1500BB)
Lokomotif BB304 adalah lokomotif diesel hidraulik milik PT Kereta Api Indonesia buatan pabrik Fried. KruppJermanLokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1.550 hp. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barangLokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar B'B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie, di mana setiap bogienya memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.

Berkas:4190564622 47c8a3c13e.jpg
  • BB305 (Jenbacher Ldh1500BB, CFD BB1500HV, dan NS)
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidraulik milik PT Kereta Api Indonesia, Semen Nusantara, dan PT Kertas Leces yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1978. Lokomotif ini dibagi menjadi tiga versi, yakni lokomotif BB 305 01 milik PT Semen Nusantara, lokomotif BB 305 01, 02, dan 03, dan lokomotif BB 305 04, 05, 06.Saat ini lokomotif BB 305 semuanya sudah tidak beroperasi.

Berkas:ID diesel loco BB 306-10 040905 013 jakk.jpg
  • BB306 (Henschel DHG 800 BB)
Lokomotif BB 306 adalah lokomotif diesel hidraulik yang dimiliki oleh dipo kereta besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota. Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an.



    Berkas:CC 300 12 02 KLB Kricak.jpg
  • CC300 (INKA CC 300)
Lokomotif CC 300 adalah salah satu lokomotif diesel hidraulik di Indonesia milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan yang digunakan khusus untuk keperluan dinas Ditjen Perkeretaapian. Lokomotif dengan dua kabin masinis ini dibuat oleh PT INKA. Desain dan integrasi sistemnya murni hasil pemikiran insinyur Indonesia. Akan tetapi, meskipun milik Ditjen Perkeretaapian, namun loko ini tetap dioperasikan oleh PT KAI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar